Ramadhan Kareem-Mencari takjil di Masjid Agung

   

Surabaya - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang diisi dengan berbagai ibadah di dalamnya.Dan segala ibadah akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda sesuai janji Allah.Puasa hukumnya wajib bagi umat beragama Islam.Puasa merupakan rukun islam yang ke empat.Banyak kegiatan bermanfaat yang dilakukan saat bulan Ramadhan seperti sholat wajib 5 waktu,sholat tarawih dan witir,tadarus Al Qur’an,berbagi takjil ke semua orang,beredekah dan kegiatan lainya yang bisa mendapatkan pahala.Waktu berpuasa dimulai dari sahur hingga nanti menjelang waktu berbuka puasa saat adzan maghrib telah dikumandangkan.Menjelang waktu berbuka puasa umumnya masyarakat Indonesia akan keluar rumah untuk ngabuburit.Umumnya salah satu kegiatan yang dilakukan saat ngabuburit adalah menyusuri “pasar kaget” yang biasa dibuka hanya saat bulan Ramadhan untuk mencari takjil.Takjil sendiri adalah makanan atau minuman kecil yang dihidangkan atau dikonsumsi saat berbuka puasa,untuk memulihkan energi setelah berpuasa seharian.Nah,kali ini saya dengan teman saya berburu takjil di sekitar Masjid Al-Akbar atau dikenal dengan Masjid Agung yang berada di Surabaya,Jawa Timur.Di sekitar masjid Agung terdapat festival Ramadhan yang berisikan seperti pasar malam.Terdapat penjual makanan atau jajanan,wahana komedi putar,kora-kora dan kereta api buat anak kecil.Disana juga terdapat penjual pakaian seperti pakaian abaya,baju muslim dari anak kecil hingga dewasa.Festival Ramadhan ini dibuka dari sore hingga malam hari.Banyak sekali pengunjung yang berdatangan untuk sekedar membeli jajanan,baju ataupun menaiki wahana.Di Masjid Agung saya dan teman saya melakukan ibadah sholat Isya beserta tarawih dan sholat witir.Di dalam masjid Agung sangat luas dan para jamaah juga cukup banyak untuk mengikuti kegiatan sholat tarawih di masjid ini.Di masjid Agung juga menyediakan air mineral gelas gratis.Setelah saya dan teman saya menunaikan ibadah sholat tarawih,saya tidak langsung pulang melainkan mengunjungi festival Ramadhan atau bazar di sekitar masjid Agung ini.Saya dan teman saya membeli aneka jajanan ringan setelah itu menaiki wahana komedi putar.Sudah lama sekali rasanya saya tidak menaiki wahana komedi putar ini,sehingga saat menaikinya awal-awal saya merasa takut akan ketinggian namun saat sudah putaran kedua saya sudah terbiasa.Untuk dapat menaiki wahana ini diperlukan membayar karcis seharga Rp.10.000.Harga tiket semua wahana juga sama seperti komedi putar.Setelah menaiki wahana tersebut,saya berfoto ria bersama kedua teman saya di depan masjid Agung ini.Jika pada malam hari masjid Agung begitu indah dan tampak megah dari luar.Setelah itu saya sudah mulai merasa lelah dan senang saya dan kedua teman saya pulang dikarenakan waktu juga sudah menunjukan larut malam.

Dokumentasi selama kegiatan:



Link Video:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

review materi: Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

Resume materi 2:Membangun mahasiswa menjadi sense of Belongging

Resume Tantangan dan peluang mahasiswa dalam reovolusi industri 4.0 dan society 5.0